Penulis Topik: Cara Youtuber Meraup Untung Lewat 7 Jenis Iklan Di Youtube Menurut Digital Consu  (Dibaca 384 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline AnakBahagia

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 26
  • Karma: +0/-0
    • Pola Asuh Anak yang Baik
Orang-orang semakin sering menonton video di Youtube. Mulai dari sisi informatif hingga hiburan. Melihat banyak penonton, orang-orang kreatif pun berlomba untuk menampilkan karya-karyanya dalam bentuk tips and trik, daily vlog, kupas informasi, musik dan lain sebagainya. Dan semakin banyak viewer maka para Youtuber ini pun mendapatkan penghasilan yang lebih banyak lagi.

Sudah mendapatkan banyak subscriber dengan viewer yang sensasional? Tentu kamu perlu cerdas memperbanyak pundi-pundi penghasilan agar kamu bisa menghasilkan karya-karya yang lebih baik lagi. Bagaimana caranya? Kamu bisa mengizinkan pengiklan untuk memasang iklan di video kontenmu. Semakin banyak subscriber dan penonton yang menontonnya maka semakin besar pula pendapatan dari iklan yang bisa didapat.

Iklan di Youtube ini tidak hanya menguntungkan Youtuber. Perusahaan dan brand pun dapat memasarkan produk atas jasa mereka lebih luas lagi. Penonton juga mendapatkan penawaran yang menarik. Lebih bagusnya lagi, Youtube memastikan iklan ditonton oleh penonton yang pas. Ternyata memasang iklan di Youtube itu sangat menguntungkan ya.

7 Jenis Iklan Youtube

Display Ads
Pada saat kamu membuka Youtube, kamu pasti melihat banner iklan di samping konten video yang sedang nonton. Dia terletak di atas video yang direkomendasi untuk tontonan selanjutnya. Spesifikasi untuk Display Ads ini adalah 300x60 pixel atau 300x250. Content Creator akan mendapatkan penghasilannya saat penonton klik pad iklan tersebut. Jenis Display Ads ini hanya berlaku pada penonton dari laptop atau desktop.

Overlay Ads
Iklan yang bersifat semi transparan ini muncul di bagian bawah video yang kita tonton. Iklan ini pun hanya bisa dipasang di desktop. Berupa teks dan gambar berukuran 468x60 atau 728x90.

Non-skippable video ads
Pernah melihat iklan yang ditayangkan tanpa boleh skip? Yep, inilah non-skippable video ads. Iklan ini bisa ditempatkan di awal, tengah atau akhir video konten diputar. Biasanya iklan ini memiliki durasi 15 - 20 detik. Namun pembuat konten perlu mempertimbangkan bila memasukkan format non-skippable video ads. Bisa jadi ada penonton yang menonton kontenmu padahal kamu bisa mendapatkan penghasilan dari viewnya. Jadi pasanglah iklan ini dengan bijak. Video ini bisa diakses di laptop, desktop maupun telepon genggam.

Skippable video ads
Tipe iklan yang satu ini adalah format yang paling sering dipilih oleh Youtuber. Skippable video ini bisa di-skip setelah 5 detik pertama. Dia juga bisa muncul di awal, tengah maupun akhir video. Format iklan ini juga bekerja dengan baik di laptop, desktop, televisi, game konsol maupun telepon genggam.

Untuk format iklan ini Youtuber bisa mendapat bayaran selama 5 detik itu atau hingga selesai pemutaran iklan video. Semuanya tergantung kesepakatan dengan pengiklan.

Bumper Ads
Format iklan yang satu ini mirip dengan non-skippable video ads. Yang membedakannya adalah durasi pemutara iklan. Bumper Ads biasanya hanya berdurasi 6 detik dan harus ditonton hingga selesai. Dan iklan ini dioptimalkan hanya untuk pengguna telepon genggam.

Content Creator bisa mendapatkan bayaran saat iklan ditonton secara menyeluruh. Bahkan ada tim pemasaran yang dedikasikan 90% biaya iklan untuk Bumper Ads. Soalnya format ini sangat efektif untuk menjangkau konsumen yang tepat pada saat yang tepat pula.
Midroll Ads
Iklan paruh putar adalah format yang mirip dengan iklan di televisi. Dia hanya bisa digunakan pada konten yang memiliki durasi 10 menit. Jadi dia mirip sisipan iklan pada saat menonton acara TV kesayangan. Content Creator harus cerdas dalam menyisipkan iklan ini agar penonton tidak kabur ke channel sebelah. Format iklan ini bekerja dengan baik di desktop, mobile dan juga laptop.

Bagaimana mendapatkan pembayaran dari midroll Ads. Midroll ads ini bisa di skip setelah 30 detik lamanya. Namun pembayarannya tergantung negosiasi. Ada pembuat konten yang menerima pembayaran ketika penonton menyaksikan iklan selama 30 detik atau keseluruhan. Namun kadang mereka baru terima pembayaran bila ada 1000 view penonton yang menyaksikan iklan tersebut. Makanya sering disebut BPS (Biaya per seribu tayang).

Sponsored Card
Iklan yang satu ini menampilkan konten yang cocok dengan video yang sering kamu upload. Penonton juga akan melihat iklan ini selama beberapa detik. Mereka juga klik icon di sudut kanan atas video untuk mencari tahu tentang sponsored card ini. Format iklan ini berfungsi di telepon genggam dan desktop.

Inilah 7 jenis iklan Youtuber bisa meraup keuntungan. Digital Consultant menyarankan untuk tidak sembarang menerima tawaran iklan saja. Apalagi kalau iklan tersebut tidak cocok atau berlawanan dengan prinsip kreasi kontenmu.

Semoga informasinya bermanfaat.