Penulis Topik: 11 Tips Membangun Loyalitas Follower di Instagram Ala Digital Consultants  (Dibaca 116 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline AnakBahagia

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 25
  • Karma: +0/-0
    • Pola Asuh Anak yang Baik
Ingin mengembangkan bisnis kamu? Membangun follower yang loyal itu penting karena merekalah target audience kamu dari mulai bisnis hingga nantinya. Namunm haruskah membangun pengikut sebelum jualan? Apa yang dilakukan oleh digital consultants membangun follower di Instagram? Yuk cari tahu lebih lanjut supaya rasa penasaranmu itu terjawab.

Seyogyanya kamu haruslah memiliki ratusan pengikut sebelum mulai jual produk atau jasa. Hal ini wajar saja karena tidak ada gunanya menjual produk pada follower yang kosong. Jadi ketika kamu sudah memiliki ratusan pengikut, interaksi pun lebih memungkinkan untuk terjadi. Dan kalau segala sesuatu berjalan baik, kamu mengikuti tips dan trik ini, maka follower bertambah dan kemungkinan untuk meningkat keuntungan bisnismu.

Optimisasi profil Instagram kamu
Buatlah nama pengguna yang kurang dari 30 karakter. Dan kalau memungkinkan, carilah nama akun yang banyak dicari dengan menggunakan kata kunci. Dan pastikan juga nama Instagram kamu itu konsisten dengan nama akun media sosial lainnya untuk bisnismu.

Untuk biografi, kamu diberikan 150 karakter. Masukkanlah tautan ke situs perusahaanmu dan berbagai informasi yang bisa memudahkan pelanggan untuk contact kamu. Entah email, no telepon dan seterusnya.

Buatlah tagar khusus kamu dan promosikan setiap kali kamu posting
Kamu ingin tahu adanya posting dan review mengenai produk kamu? Buatlah tagar khusus untuk akun kamu sendiri. Misalkan akun kamu bernama Cokelat Mommie. Maka kamu bisa membuat hashtag #CokelatMommie dan gunakan tagar ini setiap kali posting di platform Instagram ataupun platform-platform lainnya secara online maupun off line. Tagar ini akan membantu kamu mengetahui seberapa luas brand kamu telah menjangkau audience. Semoga reviewnya bagus atau kritik yang membangun ya.

Gunakan hashtag yang terkait dengan produk kamu
Instagram memberi kamu kesempatan untuk memasukkan 30 tagar ke dalam posting. Namun ini bisa menjadi bumerang dan dianggap spamming. Kami sarankan kamu cukup menggunakan 5 - 10 tagar populer yang niche dengan produk kamu.

Jadilah partisipan dalam percakapan di akun sosial media yang berhubungan dengan niche kamu
Carilah akun lain di kolom “search” dan masukkan tagar niche yang kamu gunakan. Ikuti mereka dan bercakap-cakaplah di Instagram baru untuk mendapatkan awareness dan bisa saja kamu mendapatkan follower baru.

Pergunakan kata-kata yang informatif dan meyakinkan
Untuk membuat follower kamu merasa nyaman dan ingin terlibat dalam percakapan plus menyukai postingan. Pergunakan kata-kata di caption atau di gambar yang informatif dan meyakinkan. Bersikaplah juga ramah dan sopan, jadilah pendengar yang baik agar mereka semakin “nyaman” dengan akun bisnismu.

Adakan kontes dan promosikan
Salah satu meningkat engagement follower adalah membuat sebuah kontes berhadiah. Kirim foto, berikan penjelasan yang detail untuk memenangkannya dan gunakanlah tagar khusus untuk kontes ini. Misalkan, untuk mengikuti kontes ini, follower perlu berfoto dengan gaya khusus dan gunakan tagar yang telah kamu siapkan. Jadilah kreatif dalam membuat kontes, agar semakin banyak orang yang mengikuti.

Sering-seringlah membuat Instagram Stories
Instagram Stories itu menjadi highlight di akun follower kamu. Jadi gunakanlah secara kreatif dengan menambahkan geotag, stiker selfie, overlay warna dan lain-lain untuk menciptakan Instagram Story yang menyenangkan.

Posting di feed yang teratur
Salah satu kunci untuk dikenal banyak orang tidak hanya gambar yang bagus namun juga posting yang konsisten dan ditata dengan rapi. Misalkan menggunakan filter, background atau jenis posting yang sama. Dengan begini, kamu menciptakan sense of familiar dengan follower kamu. Alhasil setiap kali melihat posting kamu, terkoneksi deh pikiran mereka dengan merek dagang mu.

Bekerjasama dengan influencer atau akun tetangga
Mari menjangkau influencer atau akun yang memiliki pemikiran sama dengan kampanye produk kamu. Kerjasama ini bisa dengan saling tukar posting atau berbayar. Bila jumlah follower kamu sama, biasanya saling posting adalah ide yang bagus. Tetapi kalau jumlah pengikutnya lebih banyak, maka kamu bisa dikenakan charge per posting.

SElalu gunakan fitur lokasi
Setiap kali posting video, gambar atau instastories, gunakanlah geo tagging dan tagar yang sesuai. Hal ini untuk mempermudah posting kamu ditemukan dan juga lokasi toko atau stand kamu dicari.

Gunakan iklan Instagram untuk menjangkau lebih banyak orang lagi
Rata-rata iklan di Instagram membutuhkan biaya sekitar USD 0,7 - USD 1. Tentunya tergantung dari berapa banyak orang yang kamu mau jangkau. Bila kamu berencana menari follower baru, kami sarankan kamu untuk beriklan saja.

Sudah tahukan cara membangun follower loyal ala Digital Consultants? Semoga informasi berguna ya dan followermu semakin banyak ketika dipraktekkan. Sukses berbisnis!